Jupiter Z Selip Kopling Dan Berat Saat Tarikan Awal

nakacustom
nakacustom
gambar.kampas kopling

Jupiter Z Selip Kopling Dan Berat Saat Tarikan Awal

Tenaga pada motor sangat di perlukan tentunya terutama di bagian kopling pun menjadi peran penting menambah tenaga motor tersebut.Sering kopling motor mengalami kendala atau masalah biasanya sih Selip atau susah masuk giginya kalau tidak tau ciri ciri yang di atas motor kita cepat banget panas dan panasnya berlebih alias panas banget kenapa bisa begitu saat tarikan awal atau pas waktu angkatan pertama setelah gas di turunkan terus kembali di tarik Kembali.Kampas kopling selip karena Kampas sudah tipis dan sudah keras .Terjadilah gesekan di kampas kopling menimbulkan panas yang berlebih itu lah kenapa motor anda sangat panas ketika jalan sebentar bahkan di kira tidak ada oli mesin atau pendingin.Selip Kopling Dan Berat Saat Tarikan Awal

Selip Kopling Dan Berat Saat Tarikan

Kejadian seperti ini sangat banyak atau sering terjadi.Oleh karena itu pembahasan dan kali ini yaitu cara untuk memperbaiki kopling pada sebuah sepeda motor.yang sering anda alami khususnya pada motor Yamaha Jupiter Z Atau Yamaha Vega R New.karena mesin kedua motor ini sama.

Untuk ukuran ketebalan Kampas Kopling ketebalan yang baru adalah 2.7-2.9 mm untuk ukuran aus 2.6 mm sudah harus ganti kalau saya sih di lihat dari bentuk fisik sudah pasti kelihatan kalau penasaran letakkan di atas kaca untuk memastikan sudah aus apa belum.Selip Kopling Dan Berat Saat Tarikan Awal

nakacustom
gambar.kampas kopling

Okei kita mulai bongkar di bagian kopling untuk mengecek atau penggantian kampas kopling. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah membuang atau  di tab Oliya di buang pada tempatnya ya oli pada mesin motor kita.Posisi baut ada di samping di bawah handell gigi.Pakai saja kunci T 12 atau kunci sok karena baut pembuangan oli Jupiter Z baut 12  di anjurkan pakai kunci yang bagus agar baut tidak selek atau dol.Selip Kopling Dan Berat Saat Tarikan Awal
Terus buka terlebih dahulu Kick Starter atau engkol
kemudian buka step bawah pakai kunci shok atau impec 12 juga baut nya ada 4 biji.Dan jangan lupa juga buka baut Kenalpot pakai kunci 10 untuk yang depan bagian heat dan yang dibelakang pakai kunci 12 dan kunci 14 .Buka bak kopling menggunakan kunci T 8 kalau ada impec lebih bagus karena kita tidak capek untuk memutar kunci buka bagian bak kopling Selip Kopling Dan Berat Saat Tarikan Awal

nakacustom
foto bak samping setelah dilepas

Setelah terbuka buka baut Kampas Kopling satu-satu kenapa harus begitu karena sambil menghafal baut yang ada di dalam mesin dan mengenal komponen tersebut  buka terlebihdahulu  baut 8 ada 4 biji untuk membuka kampas kopling

nakacustom
gambar.kampas kopling yang sudah aus

Kampas kopling yang sudah rusak atau sudah tidak layak pakai dari bentuk fisik sudah ketauan tipis dan gosong cek juga bagian platnya yang besi sudah tipis atau belum dan lawan kopling yang ada baut 4 nya.

gambar.kampas dan plat kopling
nakacustom
Gambar.lawan kampas kopling

Kalau bisa sekalian buka kampas gandanya kalau umur penggantiannya sama pasti kampas gandanya sudah tipis juga Selip Kopling Dan Berat Saat Tarikan Awal

nakacustom
gambar.kampas ganda sudah tipis dan keras

Kemudian cek juga piringan kampas ganda sudah dalam apa belum

gambar.rumah kampas ganda

Kaulau sudah parah semua atau sudah tidak layak pakai ganti 1 set kopling plat lawan kampas kopling dan kampas Gandanya sama rumah,Gampas Gandanya kita pasang kembali sperpat yang kita beli oli ganti ya setelah semua terpasang harus sama ya cara bongkar dan pasang kembali dan teliti NB.Motor tenaganya jadi bagus lagi dan kita pakainya tenang mesin jadi enak lagi buat angkatan pas nyalip kendaraan lain dan kita enak utuk memainkan handel gigi dan tenang di hati tidak was-was.

Terimakasih sudah mampir di http://www.nakacustom.com

Semoga bermanfaat…

15 Komentar

    • revannaka PenulisBalas

      harga kampas ori sekitar 100 mangkok ganda 250 gandanya 250 juga kayaknya mas beda beda si di deler sama di bengkel umum. lebih baik cari barang di toko biasa tapi yang ori lebih murah mas asal pinter nawar.

  1. Arisa Arifin Balas

    Bang kalo masuk gigi 1 langsung jalan tanpa digas, itu efeknya apa bang?
    Tolong dibantu

    • revannaka PenulisBalas

      itu di bagian sproketnya gan atau kampas gandany biasan nya itu gan bongkar saja bagian belakang koling

  2. Myu Balas

    Mas jupe burhan 2008 kalau rpm menengah ke atas berasa berat banget, kampas kopling nya yang aus kah?

    • revannaka PenulisBalas

      bisa jadi gan dari kampas kopling sama kampas ganda nya berat juga bisa dari sulay minyak kurang bagus mas..

  3. agoes Balas

    motor ane jupe z 2010 kalo pas masuk gigi bunyi grek kasar itu karena kampas kopling apa yang lain soal ya nae baru ganti gear seat 2 hari yang lalu

    • revannaka PenulisBalas

      Bisa jadi rumah koplingnya mas coba mas setandar 2 terus masukan gigi gigi berapa aja ban puter maju mundur bunyi kasar engga

  4. Ahmad Balas

    jupi z1 saya kalo udah panas gigi satu centul-centul naik gigi mesti keluar bunyi cetaktaktak” itu gimana solusinya gan

    • revannaka PenulisBalas

      di bagian mesin biasannya kopling sama ganda yang bisa bunyi seperti itu mas
      kalau engga di bagian gir depan bisa jadi

  5. Bayu Balas

    Min jupi z1 ane klo pas d tanjakan berat bgt jd tambah turun kecepatan nya it kira-kira apa nya,,

    • revannaka PenulisBalas

      kalau masalah berat di jupiterz 1 biasannya kompresinnya sudah tidak padet lagi itu masalahnya di ring seher sama kampas ganda.

  6. Ujhe Balas

    Gan saya punya vega r jumbo.
    Keluhannya saat gigi 4 pengen minta di oper gigi lagi kaya gigi 3.pada hal itu sudah gigi 4.kalo itu apanya gan.mohon ilmunya…!!

  7. Johan Balas

    Bg motor saya jupiter z robot kok nggak ada tarikan ya bg ? apalagi kalo pas jalan nanjak.. udah gk gerak lagi. trus kalau masukin gigi harus pelan2 lepas nya kalo nggak langsung mati .itu kenapa ya bg ? Mohon bantuannya dong bg..

    • revannaka PenulisBalas

      baik mas yang mas alami dari tarikan mesin atau mesin mberebet nah kalau dari tarikan mesin itu dari kampas ganda atau kopling sudah habis kalau untuk mati dan brebet itu bisa dari pengapian atau karburator nya kotor mas..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *