Cara Mengatasi Mio 125 Suara Kasar Pada Mesin Kilo Meter Rendah.

nakacustom.com

Tips mengatasi suara kasar pada motor mio 125.

Tips mengatasi suara kasar pada mio 125 atau mio m3.http://www.nakacustom.com

nakacustom.com
gambar,mio,jpg

Motor keluaran YAMAHA ini di bilang unik ya selain peminatnya banyak,body nya juga aduhai banget buat cewek cewek kece yang lirik motor buatan YAMAHA ini, eh cowok juga banyak ya yang pakai motor ini berarti peminatnya kan banyak.

Oke kali ini kita cari permasalahan atau penyebab bunyi kasar si motor tersebut kita cari kok bisa suaranya sampai kasar banget,padahal motor ini masih tergolong baru dan cara pemakaian sewajarnya tidak kebut-kebutan dan perawatan nya pun rutin.Pertama saya Bongkar untuk bagian CVT.

gambarcvt
gambar cvt

Motor tersebut tadinya halus tiba-tiba makin hari dipakai tidak jauh komalah makin kasar namannya buatan manusia takut ada kesalahan waktu pasang dari pabrik.Mio125 Suara Kasar Pada Mesin Kilo Meter Rendah.

gambar,cvt
gambar cvt

Dari mulai pully depan panbel sampai ke kampas ganda ternyata tidak ada kendala saya cek lagi bagian roller Masih kelihatan kayak baru padahal KM belum ada 7.000 km

nakacustom
gambar kilometer.jpg

Terus saya cek lagi untuk bagian mesin.terpaksa deh bongkar depannya jokk nya di lepas.Saya cek piano klep nya bagus noken as nya bagus klaher noken as juga bagus.

Untuk rantai keteng penasaran nih kok agak kendur,setelah saya cek apa bagian bantalan nya ternyata tidak patah juga setelah saya cek Tonjokan keteng nya atau TENSIONER baru ketahuan penyebab motor ini bisa kasar di tonjokan keteng tersebut. Mio125 Suara Kasar Pada Mesin Kilo Meter Rendah.

Masalah salah satunya dari sini.

gambar tensioner
tensioner,jpg
nakacustom
gambar tensioner.jpg

Jadi di saat mesin dihidupkan tonjokan keteng Ini fungsinya.Untuk menekan rantai keteng berputar tetapi ada bantalan biar tekanan nya stabil dan mencegah terjadinya loncattan pada gir klep.Ciri-ciri tonjokan keteng yang rusak yaitu sudah tidak bisa di setel lagi per nya sudah terlalu lemah per nya ada juga yang patah karena terlalu kencang jadi dia tidak bisa menekan si bantalan tersebut kalau motor dihidupkan suaranya sangat kasar.

Jadi Solusinya Ganti Dengan Yang Baru.

Semua motor penyakitnya tidak sama ya kemungkinan ada beberapa kendaraan yang kasusnya sama kayak motor ini.jangan lupa kita berbagi info di http://www.nakacustom.com

Oke Cukup sekian terima kasih Tolong like ya dan comend jadi saya bisa semangat untuk cari bahan artikel lagi terimakasih.

12 Komentar

  1. Jaswa Balas

    Mas… kalo gir rasio mio m3 pakai ring lebar juga seperti mio lain. Soalnya mio saya kasar mas dikecepatan 40.. padahal sudah ganti lahar.. takutnya waktu pasang mekanik ada yang lupa pasang

    • revannaka PenulisBalas

      kasar pennyebab rasio kalau pakai yang lain takutnya sebentar bunyi lagi gir rasio memang harus presisi apa lagi di klaher juga bisa menyebabkan suara bengung

  2. Mujiono Balas

    Mas motor saya fino 125 bluecore , motor saya kalau dilangsam suara adem kalau digas suaranya nglitik keras banget padahal udah ganti klher stang sama stangnya , blok piston sama pistonnya kira kira apanya ya mas , mohon solusinya mas 089660384654

    • revannaka PenulisBalas

      kasar bisa dari tonjokan tensioner sama stelan klep coba cek satu satu dari klep dulu baru kalo ga ketemu ngeletek bisa dari bagian cvt yang depan kayak rumah lorer atau pulynya.

  3. Abdul Balas

    Mas kok mio m3 kalo lg jalan terus gas dilepas bagian belakang bunyi “sep, sep, sep” itu knp ya?

    • revannaka PenulisBalas

      di bagian kampas gandanya bisa juga mas saya pernah soalnya ngalamin juga tapi tetep mas cek juga oli cvt gardannya

  4. Ari Balas

    Mas mio m3 saya ,baru lepas rantai klep nya saat jalam ,krn per tensioner patah.sudah ganti yg baru tensioner nya , rantai klep sudah ganti baru ,tpj masih nglitik bunyi nya ,kl digas

  5. Aris capoenk Balas

    Mas bos…
    Pas banget nih penyakitnya sama mio m3 saya.
    Cuman dah saya cek semua aman…
    Munkin gk y bos klepnya…
    Trus langsam jg gk normal,mati2an terus…
    Mohon pencerahannya mas bos….🙏🙏🙏

    • revannaka PenulisBalas

      baik mas kalau klep jarang ada problem kecuali setelan klep ga pas ukuran coba mas kalau langsam ga bisa stel lagi mas yang atas di bikin 10 yang klep bawah di bikin 15 jadi renggangan yang bawah.

  6. Fadly Balas

    Mas mtor sy jg mio fino, kemarin tiba2 mati.. pas di cek katanya klep bocor. Pas gnti itu sy tinggalin di bengkel. Slesai gnti sy plng bwa motor brp hari kmudian motor sy kayak nggk narik, stel lg klep tp yg ada noken sama timrial.y bunyi tek tek tek gitu pkok.y kalau kelamaan sy gnti parah.y ke msalah apa lg itu bang ???

    • revannaka PenulisBalas

      baik mas memang kebannyakan penyakit metic di klep mas biasannya di sekir aja sembuh ga perlu penggantian

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *